Senin, 20 Mei 2013

Google Sketch Up



SKETCH UP

Tentang Google Sketch Up

Google SketchUp merupakan program gratis (freeware) yang digunakan untuk mendesain model 3 dimensi dengan cepat dan mudah. Program ini relatif lebih mudah untuk dipelajari daripada program 3 dimensi lainnya, sehingga siapapun dapat menggunakan Google SketchUp.Google SketchUp merupakan program milik pengembang Google yang saat ini tengah mengembangkan sayapnya dengan memberikan fasilitas labih banyak kepada para pengguna portal ini. Salah satunya dengan menyediakan program gratis Google SketchUp. Google SketchUp merupakan versi gratis yang disediakan oleh Google, sedangkan versi berbayarnya adalah Google SketchUp Pro 6. Perbedaanya, pada versi berbayar dilengkapi fasilitas yang memungkinkan pengguna mengekspor file pekerjaan mereka ke program aplikasi 3D yang lain. Misalnya pada versi gratis dari Google SketchUp 3D hanya dapat mengekspor ke SKP dan Google Earth. Kmz format file, sedangkan pada versi Pro bisa mengekspor dan memasukkan.3 ds,. Dae,. DWG,. DXF,. Fbx,. Obj,. XSl, dan .wrl format file. Google SketchUp juga dapat menyimpan "screenshot" dari model .Bmp, .Png, .Jpg, .Tif, dengan versi Pro juga mendukung .Pdf, .Eps, .Epx, .DWG, dan .DXF


1.  Memulai Lembar Kerja

Sebelum memulai menggambar dengan menggunakan Google SketchUp sebaiknya terlebih dahuli melakukan beberapa pesettingan yang mungkin akan mempermudah pengguna dalam bekerja.


a)  Setting Large Toolbar Set

  Gambar. Setting Large Toolbar Set

Setting default dari lembar kerja sketch up hanya akan menampilkan tool standar seperti line, move, rotate, dan select. Untuk itu perlu memunculkan tool-tool lain yang mungkin akan diperlukan seperti camera, construction, face, style dan lain-lain.

b)  Setting Satuan Unit
    Gambar. Kotak Dialog Model Info


Google sketch up bekerja pada koordinat dan unit nyata dalam kehidupan. Artinya dapat bekerja dengan berbagai jenis satuan panjang seperti inchi, milimeter, centimeter atau meter, pemilihan unit tersebut disesuaikan dengan gambar yang akan dibuat. Untuk pemilihan unit yang dipakai untuk membuat suatu objek berupa bangunan yang memiliki luasan cukup besar maka dapat menggunakan meter, yang dipakai yaitu Window > Model Info > Unit. pada kotak dialog Model Info, ganti Format Architectural dengan Desimal lalu Meter atau Centimeter. Kolom Precision akan mengatur ketelitian garis yang akan dibuat dengan penggunaan beberapa jumlah angka dibelakang koma.


2.  Komponen Pendukung


a)  Style

    Gambar. Kotak Dialog Style


Terkadang pengguna tipe garis dan theme/latar dari lembar kerja juga akan menambah/mendukung kreasi desain yang dibuat sehingga menjadi menarik. Untuk itu Google Sketch Up menyediakan beberapa style untuk garis dan latar yang diperlukan. Untuk memunculkan kotak dialog style, dengan meng-klik pada toolbar Window > Style.


b)  Component
    Gambar. Kotak Dialog Components

Google Sketch Up sudah dilengkapi dengan component yang akan mempermudah untuk menambahkan objek-objek sederhana. Dalam komponen objek-objek yang disediakan sudah dalam bentuk jadi. Cara penggunaan component yaitu dengan meng-klik menubar Window > Component. Jika telah memilih objek yang dikehendaki lau tarik objek tersebut kedalam layar dan objek pun akan muncul pada lembar kerja.

c)  Materials

    Gambar. Kotak Dialog Meterial

Material ini digunakan untuk pemberian warna pada gambar serta texture meterial yang digunakan. Penggunaan material dapat dengan meng-klik icon paint material (3D) atau menggunakan Window > Material.


LATIHAN 1 : Menggambar Objek Sederhana


Untuk menggambar objek meja yang akan dibuat hanya akan menggunakan tool standar yaitu Line, Tape Measure, Arc dan Push. Langkah-langkahnya :

1.  Setting awal unit yang akan dipakai dengan Window > Model Info > Unit > Desimal > Cetimeter.


Berikut beberapa tools yang digunakan pada sketch up :

1.  Select : Memilih Objek
2.  Make Component : Untuk menggabungkan objek satukesatuan
3.  Paint Bucket : Untuk mewarnai atau menyisipkan material
4.  Eraser : Untuk menghapus objek
5.  Rectangle : Untuk menggambar objek berbentuk kotak
6.  Line : Untuk membuat garis
7.  Circle : Untuk mebuat lingkaran
8.  Arc : Untuk membuat garis lengkung
9.  Polygon : Untuk membuat segitiga
10.  Freehand : Untuk menggambar bebas
11.  Move : Untuk memindahkan objek
12.  Puss/Pull : Untuk mebuat objek 3D
13.  Rotate : Untuk memutar objek
14.  Follow Me : Untuk mendorong objek yang disesuaikan
15.  Scale : Untuk mengubah ukuran besar kecil objek yang di skalakan
16.  Offset : Untuk mendulikasikan garis
17.  Tape Measure tool : Untuk membuat ukuran
18.  Dimension : Untuk membuat dimensi
19.  Protactor : Untuk mengukur sudut miring
20.  Text tool : Untuk menyisipkan tulisan
21.  Axes : Untuk memindahkan atau reorientasi sumbu menggambar
22.  3D teks : Untuk membuat teks 3D
23.  Orbit : Untuk memutar arah layar
24.  Pan : Untuk memindahkan pandangan objek secara vertical dan horizontal
25.  Zoom : Untuk memperbesar atau memperkecil gambar
26.  Zoom Extents : Untuk memperbesar objek satu layar
27.  Previous : Untuk undo preview
28.  Next : Untuk redo preview
29.  Position Camera : Posisi kamera pada ketinggian tertentu untuk memriksa objek saling berhadapan atau berjalan melalui model
30.  Look Around : Pivot kamera dari titik stasioner
31.  Walk : Berjalanlah melalui model
32.  Section plane : Untuk potongan bagian efek yang memungkinkan untuk melihat geometri dalam model

Untuk mempermudah dalam pemakaian dam membantu dalam kecepatan menggambar berikut beberapa cara shortcut key untuk tool Google Sketch Up.
  • <space bar> = select
  • <del> = delete
  • E = eraser
  • L = line
  • R = rectangular
  • C = circle
  • A = arc
  • P = push/pull
  • F = offset
  • H = pan
  • Z = zoom
  • O = orbit
  • Q = rotate
  • S = scale

2.  Buat Circle (Lingkaran) pada titik manafun dengan ukuran 55 cm (input = 55)


3.  Push/pull lingkaran yang telah dibuat dengan tinggi 4 cm.


4.  Membuat garis sepanjang 110 cm dengan menggunakan Tape Measure. Kemudian dilanjutkan dengan memblok garis bantu dengan tekan Move + Ctrl geser kekanan sejauh 4 cm (input = 4).


5.  Setelah membuat garis bantu lanjutkan dengan membuat Rectangle (persegi) pada garis bantu tersebut dengan ukuran 4 cm dan hapus semua garis bantu.

   


6.  Dari persegi tersebut Push/pull kebawah sepanjang 65 cm.



7.  Untuk membuat penyangga kaki-kaki meja pertama-tama buat garis vertical menggunkan Line dengan tinggi 7 cm, buat kembali garis bantu dengan Tape Measure, pada setiap kaki meja.



8.  Setelah membuat garis bantu, buat kembali Rectangle (persegi) dengan ukuran 4 cm (input = 4), dibuat pada ujung garis bantu pada kaki-kaki meja. Kemudian hapus semua garis bantu dan Push/pull persegi yang telah dibuat pada kaki-kaki meja.




9.  Beri Material dengan Wood objek meja yang sudah jadi.



Meja Sederhana


TAMPAK ATAS


TAMPAK BAWAH


TAMPAK SAMPING


TAMPAK SAMPING


Referensi :
Modul Praktikum Pemograman Komputer 2013, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Jurusan Teknik Lingkungan, UII.
http://aanmsa.blogspot.com (diunggah tanggal 20 Mei 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar